Kamis, 09 Februari 2012

Perbaungan Nominasi 6 Kecamatan Terbaik


Perbaungan, (Analisa). Tim Penilai Kecamatan Terbaik tingkat Provinsi Sumatera Utara tahun 2011 kembali mengunjungi sekaligus menilai Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) untuk ditetapkan menjadi kecamatan terbaik tingkat Sumatera Utara tahun 2011.



Kunjungan tim penilai yang diketuai Karo Otonomi Daerah dan Kerjasama Setdaprovsu Sarlandy Hutabarat SH bersama anggota tim lainnya yaitu Karo Pemerintahan Umum Setdaprovsu H Nouval Mahyar SH, Kabid Pengembangan dan Pengendalian Dispenda Provsu Anthony Sinaga, Kepala Bidang Pengendalian, Evaluasi Statistik Bappeda Provsu Marihot Sormin, Kabid Pemerintahan Desa/Kelurahan Bappemas Jafar Situmorang, Kabag Perangkat Wilayah Biro Pemerintahan Umum Setdaprovsu Aswin Lubis dan Kasubbag Tata Wilayah Biro Pemerintahan Umum, Dra Diah Ananda tersebut disambut Bupati Sergai HT Erry Nuradi di pendopo kantor Camat Perbaungan, Selasa (29/11)

Bupati Sergai Erry Nuradi mengucapkan terimakasih kepada Pemprovsu yang telah menetapkan Kecamatan Perbaungan sebagai finalis enam besar kecamatan terbaik tingkat Sumatera Utara pada tahun 2011 dari 421 kecamatan se-Sumut meliputi bidang pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan.

Dalam penilaian kecamatan terbaik ini adalah merupakan alat evaluasi pemerintah terhadap kinerja kecamatan sebagaimana yang diamanatkan dalam Peraturan Pemerintah RI nomor 19 tahun 2008 yang mencakup penyelenggaraan sebagian wewenang Bupati/Walikota yang dilimpahkan untuk melaksanakan sebagian urusan otonomi daerah, penyelengaraan tugas umum pemerintahan dan penyelenggaraan tugas lainnya yang ditugaskan kepada camat, kata bupati.

Sedangkan Camat Perbaungan Drs Akmal dalam paparannya dihadapan tim penilai mengemukakan, tingkat partisipasi masyarakat di kecamatan ini dalam pelaksanaan pembangunan sangat tinggi, yaitu melalui Gerakan Pembangunan Swadaya Rakyat (Gerbang Swara) dimana sampai Oktober 2011 bantuan material, hibah maupun tenaga yang diberikan masyarakat untuk pembangunan Kecamatan Perbaungan sebesar Rp 2.930.821.400 dan jumlah ini melebihi dana Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan (PNPM) dan Alokasi Dana Desa (ADD).

Menurut Akmal koordinasi antar jajaran muspika, aparat pemerintahan desa/kelurahan dan dusun/lingkungan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat di kecamatan yang terdiri dari 24 desa dan 4 kelurahan ini telah berlangsung baik dan harmonis ditandai dengan setiap bulannya dilaksanakan rapat koordinasi di desa-desa secara berkala dan bergilir.

Selanjutnya kesadaran masyarakat di wilayah yang jumlah penduduknya sebanyak 110.536 jiwa ini dalam membayar pajak juga cukup tinggi dan hal ini ditandai dengan pencapaian target PBB tahun 2010 yang mencapai 93,34 persen sebesar Rp987.833.941.

Kecamatan yang telah memiliki satu produk unggulan (one village one product) seperti dodol dan keripik telah melakukan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) dengan melaksanakan Standar Operasional Pelayanan (SOP) dalam pelayanan administrasi desa serta pelaksanaan e-KTP yang merupakan program pemerintah pusat, jelas Akmal.

Di akhir penilaian Ketua Tim Sarlandy Hutabarat SH mengemukakan enam besar finalis kecamatan terbaik di Sumatera Utara pada tahun 2011 yaitu Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai, Kecamatan Medan Barat Kota Medan,Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang,Kecamatan Rantau Prapat Selatan Kabupaten Labuhan Batu, Kecamatan Kisaran Timur Kabupaten Asahan dan Kecamatan Pangkalan Susu Kabupaten Langkat. 

Kemudian dikatakannya pula bahwa penilaian ini bukanlah penilaian camat teladan tetapi penilaian terhadap keteladanan camat dalam memimpin wilayahnya dengan melaksanakan tugas di bidang pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan.

Disela-sela acara penilaian ini diadakan demo oleh anak-anak PAUD Kecamatan Perbaungan perihal perilaku hidup bersih dan sehat dengan mencuci tangan pakai sabun. (bah)

Sumber: 
Harian Analisa,  Senin, 05 Des 2011
http://www.analisadaily.com/news/read/2011/12/05/24555/perbaungan_nominasi_6kecamatan_terbaik/#.TzPWsVzzup0
Diakses 9 Februari 2012

3 komentar:

  1. Semoga perbaungan bisa jadi kota yang keren :)



    BalasHapus
  2. Perbaungan kota yang banyak disinggahi karena kulinernya, maka dengan itu tingkatkan pelayanan Dan keramah tamahan kepada pengunjungnya, sukses perbaungan

    Salam
    Almansyah TUKUDONG Brownies

    BalasHapus